Surah Yusuf Ayat 6; Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an

Surah Yusuf Ayat 6

Pecihitam.org – Kandungan Surah Yusuf Ayat 6 ini menjelaskan bahwa Nabi Ya’qub mengungkapkan apa yang akan dialami oleh putranya tersebut di masa depan, tak lain adalah berdasarkan ilmu gaib yang telah dianugerahkan oleh Allah kepada para nabi utusan-Nya, yang membuat mereka mengetahui masa depan.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Nabi Ya’qub dalam lanjutan pesannya kepada Yusuf, ia berkata, “Wahai Yusuf pada masa mendatang Allah akan memilihmu sebagai Nabi utusan-Nya dan akan menyempurnakan nikmat-nikmat-Nya kepada keluarga kita. Selain itu engkau kelak dapat menerangkan arti suatu mimpi dan menjelaskan hakikat mimpi tersebut”

Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an Surah Yusuf Ayat 6

وَكَذَٰلِكَ يَجْتَبِيكَ رَبُّكَ وَيُعَلِّمُكَ مِنْ تَأْوِيلِ الْأَحَادِيثِ وَيُتِمُّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكَ وَعَلَىٰ آلِ يَعْقُوبَ كَمَا أَتَمَّهَا عَلَىٰ أَبَوَيْكَ مِنْ قَبْلُ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْحَاقَ ۚ إِنَّ رَبَّكَ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

Terjemahan: Dan demikianlah Tuhanmu, memilih kamu (untuk menjadi Nabi) dan diajarkan-Nya kepadamu sebahagian dari ta’bir mimpi-mimpi dan disempurnakan-Nya nikmat-Nya kepadamu dan kepada keluarga Ya’qub, sebagaimana Dia telah menyempurnakan nikmat-Nya kepada dua orang bapakmu sebelum itu, (yaitu) Ibrahim dan Ishak. Sesungguhnya Tuhanmu Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Baca Juga:  Surah Yusuf Ayat 16-18; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Tafsir Jalalain: وَكَذَٰلِكَ (Dan demikianlah) seperti apa yang kamu lihat dalam mimpimu itu يَجْتَبِيكَ (telah memilih kamu) telah mengangkatmu رَبُّكَ وَيُعَلِّمُكَ مِنْ تَأْوِيلِ الْأَحَادِيثِ (Rabbmu dan diajarkan-Nya kepadamu sebagian dari takwil-takwil mimpi) makna mimpi

وَيُتِمُّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكَ (dan disempurnakan-Nya kepadamu nikmat-Nya) yaitu kenabian وَعَلَىٰ آلِ يَعْقُوبَ (dan kepada keluarga Yakub) yakni anak-anaknya كَمَا أَتَمَّهَا (sebagaimana Dia telah menyempurnakan nikmat-Nya) yaitu nikmat kenabian

عَلَىٰ أَبَوَيْكَ مِنْ قَبْلُ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْحَاقَ ۚ إِنَّ رَبَّكَ عَلِيمٌ (kepada kedua orang tuamu sebelum itu, yaitu Ibrahim dan Ishak. Sesungguhnya Rabbmu Maha Mengetahui) tentang makhluk-Nya حَكِيمٌ (lagi Maha Bijaksana) di dalam memperlakukan mereka.

Tafsir Ibnu Katsir: Allah Ta’ala mengabarkan apa yang dikatakan oleh Ya’qub kepada putranya, Yusuf, bahwa sebagaimana Rabbmu telah memilihmu dan memperlihatkan kepadamu dalam mimpi bintang-bintang bersama matahari dan bulan yang semuanya sujud kepadamu;

Baca Juga:  Surah Fatir Ayat 9-11; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

كَذَٰلِكَ يَجْتَبِيكَ رَبُّكَ (Demikkianlah Rabbmu memilihmu) untuk menjadi seorang Nabi. وَيُعَلِّمُكَ مِنْ تَأْوِيلِ الْأَحَادِيثِ (Dan mengajarimu tentang ta’bir mimpi-mimpi) sebagaimana dikemukakan oleh Mujahid dan ahli tafsir lainnya.

وَيُتِمُّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكَ (Dan disempurnakan[Nya] nikmat-Nya kepadamu) yaitu dengan mengutusmu dan memberimu wahyu. Oleh karena itu Allah berfirman: كَمَا أَتَمَّهَا عَلَىٰ أَبَوَيْكَ مِنْ قَبْلُ إِبْرَاهِيمَ (Sebagaimana Allah menyempurnakan nikmat-Nya kepada kedua bapakmu sebelumnya, Ibrahim) alkhaliil;

وَإِسْحَاقَ (dan Ishak) putranya; إِنَّ رَبَّكَ عَلِيمٌ حَكِيمٌ (Sesungguhnya Rabbmu Mahamengetahui dan Mahabijaksana) maksudnya adalah bahwa Allah lebih mengetahui siapa yang [pantas] untuk dipilih sebagai Rasul, seperti yang difirmankan dalam ayat lain.

Tafsir Quraish Shihab: Seperti halnya kamu lihat dirimu dalam mimpi sebagai tuan yang ditaati, memiliki kehormatan dan kedudukan, Tuhanmu memilih kamu dan mengajarkanmu takwil mimpi yang membuat kamu dihormati.

Baca Juga:  Surah Yusuf Ayat 89-92; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Allah juga menyempurnakan nikmat-Nya kepadamu dan keluarga Ya’qub dengan kenabian dan kerasulan, sama halnya ketika Dia menyempurnakan rahmat-Nya kepada dua orang tua sebelum bapakmu yaitu Ibrahim dan Ishaq.

Sesungguhnya Tuhanmu Mahabijaksna sehingga tidak pernah salah, Maha Mengetahui sehingga Dia memilih hamba-Nya yang diketahui pantas untuk dipilih.

Shadaqallahul ‘adzhim. Alhamdulillah, telah kita pelajari bersama kandungan Surah Yusuf Ayat 6 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Quraish Shihab. Semoga Allah merahmati dan mengasihi kita semua. Amin

M Resky S