Doa Saat Turun Hujan dan Setelah Reda

Doa Saat Turun Hujan dan Setelah Reda

Pecihitam.org – Hujan sudah mulai membasahi bumi. Bagi yang aktivitasnya sering di luar rumah, jangan lupa sediakan perlengkapan seperti payung, jas hujan, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk membaca doa saat turun hujan.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Adapun doa yang dianjurkan dibaca saat turun hujan yaitu:

اَللهُمَّ صَيّبًا نَافِعًا

Artinya: “Ya Allah semoga (hujan yang Engkau turunkan ini) lebat dan membawa manfaat.

Doa ini bersumber dari Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Ummul Mukminin, Aisyah radhiyallahu ‘anha mengatakan:

إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Artinya: “Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam saat melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan ‘Allahumma shoyyiban nafi’an.”

Baca Juga:  Macam-Macam Doa dan Amalan Sebelum Tidur Sesuai Sunnah Nabi

Selain doa tersebut, saat hujan semakin lebat Rasulullah juga berdoa kepada Allah SWT. Dalam doanya, beliau meminta agar cuaca dikembalikan menjadi cerah. Sebagaimana Hadist Riwayat Bukhari nomor 1014, Nabi SAW berdoa:

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Artinya : “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk menghacurkam kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.”

Dengan melafalkan doa tersebut, semoga Allah SWT senantiasa menjadikan hujan yang diturunkannya sebagai hujan yang mengandung keberkahan, bermanfaat, bukan hujan yang dapat menimbulkan kerusakan dan musibah bagi manusia dan alam.

Baca Juga:  Berdoa Pada Waktu yang Mustajab Ini, Niscaya Akan Terkabul

Selain membaca doa saat turun hujan, kita juga dianjurkan untuk membaca Doa setelah hujan reda. Berikut ini lafal doa yang dapat dibaca setelah hujan reda.

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللهِ وَرَحْمَتِهِ

Artinya, “Kita dihujani dengan anugerah dan rahmat Allah.”

Doa tersebut tercantum di dalam Kitab Nihayatuz Zain karya Syekh Nawawi Banten:

ويندب أن يقول عقب المطر مطرنا بفضل الله ورحمته

Artinya, “(Seseorang) dianjurkan membaca doa ini setelah hujan reda, ‘Kita dihujani dengan anugerah dan rahmat Allah,’” (Lihat Syekh Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Bandung, Al-Maarif: tanpa catatan tahun], halaman 114).

Doa ini sebagai wujud rasa syukur kita atas air hujan yang turun sebagai karunia dan rahmat dari Allah SWT. Dengan doa ini, kita berharap semoga Allah SWT menurunkan keberkahan bagi umat manusia dan alam semesta baik di saat turun hujan maupun setelah hujan reda.

Baca Juga:  Doa Sebelum Berhubungan Suami Istri Supaya Lebih Mesra

Wallahu a‘lam.

M Resky S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *