Mengetahui Nama Kucing Rasulullah Dan Keunikannya

Mengetahui Nama Kucing Rasulullah Dan Keunikannya

Pecihitam.org- Nama kucing Rasulullah SAW adalah Muezza (atau Mu’izza) (معزة). Hal ini juga tercantum dalam buku Georgie Anne Geyer (2004) berjudul When Cats Reigned Like Kings: On the Trail of the Sacred Cats yang diterbitkan oleh Andrews McMeel Publishing.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Arti Nama Kucing Rasulullah (Muezza) berasal dari bahasa arab yang dibaca Mu’izza (معزة), mungkin supaya lebih cocok sebagai nama kucing di Indonesia, sehingga secara verbal sedikit diplesetkan menjadi Muezza. Ma’azza : di dalam forum disebutkan arti Ma’azza adalah “peduli terhadap seseorang”. Ma’azzah : “begitu berharga dan begitu disayang”.

Sebuah cerita legenda mengatakan Muezza berjenis Angora Turki berwarna putih yang unik, karena kucing ini memiliki odd eye (mata beda sebelah), satu mata biru dan satu mata kehijauan. Berdasarkan suatu riwayat, Nabi Muhammad sedang bersiap-siap dan hendak memakai pakaian, namun, Nabi Muhammad menemukan Muezza tidur dengan alas jubahnya. Daripada mengganggu Muezza yang lagi bobo, Nabi Muhammad kemudian memotong sebagian jubahnya dan membiarkan Muezza bobo lelap. Ketika Nabi Muhammad kembali dari shalat, Nabi Muhammad menerima penghormatan dari Muezza sebagai tanda terima kasih. Kemudian Nabi Muhammad mengelus kucing kesayangannya sebanyak tiga kali.

Baca Juga:  Apa Hukumnya Ruqyah? Ini Pendapat Beberapa Ulama

Ada pendapat yang mengatakan apabila Nabi Muhammad memberikan ceramah dalam rumah, Nabi Muhammad selalu memangku Muezza di atas pangkuannya. Nabi juga menggunakan air yang telah digunakan Muezza minum untuk berwudhu. Terutama untuk meneladani Nabi Muhammad atas kasih sayangnya kepada Muezza, seorang Muslim diminta untuk menyayangi kucing. Perlakuan kasar kepada binatang merupakan salah satu tindakan paling buruk dalam islam.

Maka dari itu dapat kita fahami bahwa Nabi SAW sangat sayang kepada hewan terutama kucing. Disisi lain kucing adalah hewan yang unik dari yang lain. Salah satunya adalah kucing sangat suka kebersihan, Pada kulit kucing terdapat otot yang berfungsi untuk menolak telur bakteri. Ketika dipegang, otot kucing itu juga dapat menyesuaikan dengan sentuhan tangan manusia. 

Baca Juga:  Syubhat dan Syahwat, Penyebab Penyakit Hati yang Berbahaya

Hal ini tentu sesuai dengan sabda nabi 14 abad silam, Dari Abu Qotadah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kucing itu tidaklah najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dan berada di sekeliling kita. ” (HR. At Tirmidzi, Abu Daud, An Nasa’i, Ibnu Majah, Ad Darimi, Ahmad, Malik. Syaikh Al Albani dalam Irwa’ul Gholil no. 173 mengatakan bahwa hadits ini shohih).

Selain kucing sangat suka kebersihan, memelihara kucing juga bagus untuk kesehatan. Wah, apa iya memelihara kucing bagus untuk kesehatan? Zaman dahulu kucing dipakai untuk terapi. Dengkuran kucing yang 50Hz baik buat kesehatan menurunkan stres, selain itu mengelus kucing juga bisa menurunkan tingkat stress. Sisa makanan kucing hukumnya suci. Bahkan nabi pernah berwudhu menggunakan air dari bekas bejana tempat minum kucing.

Keunikan lain yang dimiliki kucing yakni, Kemampuan indera penciuman kucing kampung 14 kali lebih kuat daripada penciuman manusia.Kucing dapat menyimpan energi dengan cara tidur lebih sering ketimbang hewan lain. Kucing ketika tidur bervariasi antara 12 – 16 jam per hari, dengan angka rata-rata 13 – 14 jam. Tapi ada juga dalam satu hari kucing yang tidur selama 20 jam.

Baca Juga:  Qiyamul Lail: Pengertian, Anjuran, Keutamaan dan Perbedaannya dengan Tahajud

Kucing dapat melompat 5 kali labih tinggi dari tinggi badannya. Kucing jika terjatuh dari lantai 20, mungkin lebih selamat dari pada jatuh dari lantai 7. Alasannya karena kucing membutuhkan waktu setara dengan 8 tingkat untuk menyadari apa yang terjadi, tenang dan membetulkan posisinya.Kucing merespon panggilan wanita lebih baik dari pada pria, mungkin karena suara wanita memiliki puncak yang lebih tinggi.

Itulah tadi beberapa fakta unik seputar binatang kesayangan Rasulullah.

Mochamad Ari Irawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *