Surah Al-An’am Ayat 140; Seri Tadabbur Al Qur’an

Surah Al-An'am Ayat 140

Pecihitam.org – Surah Al-An’am Ayat 140 menjelaskan bahwa orang-orang yang melakukan hal demikian (yang sudah dijelaskan pada ayat sebelumnya yaitu ayat 137, ayat 138, dan ayat 139) benar-benar akan mengalami kerugian di dunia dan Akhirat.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Mereka rugi karena kehilangan anak-anak yang mereka bunuh, mempersempit diri dari kekayaan yang mereka miliki, mereka membuat syariat sendiri. Kelak di akhirat mereka akan ditempatkan di tempat yang paling hina.

Allah SWT berfirman di dalam Al Qur’an Surah Al-An’am Ayat 140;

قَدْ خَسِرَ الَّذِينَ قَتَلُوا أَوْلَادَهُمْ سَفَهًا بِغَيْرِ عِلْمٍ وَحَرَّمُوا مَا رَزَقَهُمُ اللَّهُ افْتِرَاءً عَلَى اللَّهِ ۚ قَدْ ضَلُّوا وَمَا كَانُوا مُهْتَدِينَ

Terjemahan: Sesungguhnya rugilah orang-orang yang telah membunuh anak-anak mereka, karena kebodohan lagi tidak mengetahui dan mereka mengharamkan apa yang Allah telah rezeki-kan pada mereka dengan semata-mata mengada-adakan terhadap Allah. Sesungguhnya mereka telah sesat dan tidaklah mereka mendapat petunjuk.

Baca Juga:  Surah Ath-Thur Ayat 17-20; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Tafsir Jalalain: قَدْ خَسِرَ الَّذِينَ قَتَلُوا (Sesungguhnya rugilah orang-orang yang telah membunuh) dengan dibaca takhfif dan tasydid أَوْلَادَهُمْ (anak-anak mereka) yaitu dengan mengubur mereka hidup-hidup

سَفَهًا (karena kebodohan) sebab ketidakpahaman mereka بِغَيْرِ عِلْمٍ وَحَرَّمُوا مَا رَزَقَهُمُ اللَّهُ (lagi tidak mengetahui dan mereka mengharamkan apa yang Allah telah berikan rezeki kepada mereka) yakni apa-apa yang telah disebutkan

افْتِرَاءً عَلَى اللَّهِ ۚ قَدْ ضَلُّوا وَمَا كَانُوا مُهْتَدِينَ (dengan semata-mata mengada-adakan terhadap Allah. Sesungguhnya mereka telah sesat dan tidaklah mereka mendapat petunjuk.)

Tafsir Ibnu Katsir: Ketika menafsirkan ayat ini, al-Hafizh Abu Bakar ibnu Mardawaih berkata dari Ibnu Abbas, dia mengatakan; “Jika engkau mau mengetahui kebodohan orang-orang Arab, maka bacalah surah Al-An’am setelah ayat ke 130:

Baca Juga:  Surah Al-An'am Ayat 120; Seri Tadabbur Al Qur'an

“Sesungguhnya rugilah orang-orang yang membunuh anak-anak mereka karena kebodohan lagi tidak mengetahui, dan mereka mengharamkan apa yang telah Allah rezekikan kepada mereka dengan semata-mata mengada-ada terhadap Allah. Sesungguhnya mereka telah sesat dan tidaklah mereka mendapatpetunjuk”. (QS. Al-An’am: 140).

(Demikian juga yang telah diriwayatkan oleh Imam Bukhari sendiri dalam kitab Shahihnya pada bab Manaaqibu Quraisy).

Shadaqallahul adzhim, Alhamdulillah telah kita tadabburi bersama isi kandungan Surah Al-An’am Ayat 140 dengan tetap merujuk pada Tafsir Jalalain dan Tafsir Ibnu Katsir. Semoga bermanfaat bagi kami dan pembaca.