Surah Al-An’am Ayat 156-157; Seri Tadabbur Al Qur’an

Surah Al-An'am Ayat 156-157

Pecihitam.org – Surah Al-An’am Ayat 156-157 Allah SWT kembali menegaskan ancamannya bahwa kelak Allah Ta’ala akan memberikan balasan bagi orang-orang yang berpaling dari ayat-ayatNya dengan siksaan yang buruk.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Allah SWT berfirman di dalam Al Qur’an Surah Al-An’am Ayat 156-157;

Surah Al-An’am Ayat 156
أَنْ تَقُولُوا إِنَّمَا أُنْزِلَ الْكِتَابُ عَلَىٰ طَائِفَتَيْنِ مِنْ قَبْلِنَا وَإِنْ كُنَّا عَنْ دِرَاسَتِهِمْ لَغَافِلِينَ

Terjemahan: (Kami turunkan al-Qur’an itu) agar kalian (tidak) mengatakan: “Bahwa kitab itu hanya diturunkan kepada dua golongan saja sebelum kami, dan sesungguhnya kami tidak memperhatikan apa yang mereka baca.

Tafsir Jalalain: أَنْ (Agar jangan) tidak تَقُولُوا إِنَّمَا أُنْزِلَ الْكِتَابُ عَلَىٰ طَائِفَتَيْنِ (kalian mengatakan bahwa kitab itu hanya diturunkan kepada dua golongan saja) yakni golongan Yahudi dan golongan Nasrani

مِنْ قَبْلِنَا وَإِنْ (sebelum kami dan sesungguhnya) ditakhfifkan dari innaa yang bertasydid sedangkan isimnya dibuang كُنَّا عَنْ دِرَاسَتِهِمْ (kami terhadap pelajaran mereka) apa yang mereka baca لَغَافِلِينَ (tidak memperhatikan) oleh sebab kami tidak mengerti tentangnya karena bukan bahasa kami.

Tafsir Ibnu Katsir: Ibnu Jarir mengatakan berkenaan dengan ayat ini bahwa “Makna ayat ini adalah, kitab ini Kami turunkan agar kalian tidak berkata: إِنَّمَا أُنْزِلَ الْكِتَابُ عَلَىٰ طَائِفَتَيْنِ (Bahwa kitab itu hanya diturunkan kepada dua golongan saja sebelum kami) Maksudnya, dengan demikian, alasan kalian tidak ada lagi gunanya.

Baca Juga:  Surah At-Thur Ayat 29-34; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

عَلَىٰ طَائِفَتَيْنِ مِنْ قَبْلِنَا (Kepada dua golongan saja sebelum kami) Ali ibnu Abi Thalhah berkata dari Ibnu Abbas: Dua golongan itu ialah Yahudi dan Nasrani”. Pendapat serupa juga disebutkan oleh Mujahid, as-Suddi, Qatadah, dan selain mereka.

وَإِنْ كُنَّا عَنْ دِرَاسَتِهِمْ لَغَافِلِينَ (Dan sesungguhnya kami tidak memperhatikan apa yang mereka baca) Maksudnya adalah bahwa; kami tidak memahami apa yang mereka ucapkan, karena mereka berucap bukan dengan bahasa kami, dan kami dalam keadaan lengah dan sibuk dari (memperhatikan) urusan mereka.

Surah Al-An’am Ayat 157
أَوْ تَقُولُوا لَوْ أَنَّا أُنْزِلَ عَلَيْنَا الْكِتَابُ لَكُنَّا أَهْدَىٰ مِنْهُمْ ۚ فَقَدْ جَاءَكُمْ بَيِّنَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ ۚ فَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنْ كَذَّبَ بِآيَاتِ اللَّهِ وَصَدَفَ عَنْهَا ۗ سَنَجْزِي الَّذِينَ يَصْدِفُونَ عَنْ آيَاتِنَا سُوءَ الْعَذَابِ بِمَا كَانُوا يَصْدِفُونَ

Terjemahan: Atau agar kalian (tidak) mengatakan: “Sesungguhnya jikalau kitab ini diturunkan kepada kami, tentulah kami lebih mendapat petunjuk dari mereka”. Sesungguhnya telah datang kepada kalian keterangan yang nyata dari Tuhan kalian, petunjuk dan rahmat. Maka siapakah yang lebih zhalim daripada orang yang mendustakan ayat-ayat Allah dan berpaling daripadanya? Kelak Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang berpaling dari ayat-ayat Kami dengan siksa yang buruk, disebabkan mereka selalu berpaling.

Baca Juga:  Surah Al-An'am Ayat 128; Seri Tadabbur Al Qur'an

Tafsir Jalalain: أَوْ تَقُولُوا لَوْ أَنَّا أُنْزِلَ عَلَيْنَا الْكِتَابُ لَكُنَّا أَهْدَىٰ مِنْهُمْ (Atau agar kalian tidak mengatakan, “Sesungguhnya jika kitab itu diturunkan kepada kami tentulah kami lebih mendapat petunjuk dari mereka”) oleh sebab kebersihan hati kami.

فَقَدْ جَاءَكُمْ بَيِّنَةٌ (Sesungguhnya telah datang kepada kalian keterangan yang nyata) yakni penjelasan مِنْ رَبِّكُمْ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ (dari Tuhanmu, petunjuk dan rahmat) bagi orang yang mengikutinya

فَمَنْ (maka siapakah) artinya tidak ada seorang pun أَظْلَمُ مِمَّنْ كَذَّبَ بِآيَاتِ اللَّهِ وَصَدَفَ (yang lebih zhalim daripada orang yang mendustakan ayat-ayat Allah dan berpaling) memalingkan diri

عَنْهَا ۗ سَنَجْزِي الَّذِينَ يَصْدِفُونَ عَنْ آيَاتِنَا سُوءَ الْعَذَابِ (daripadanya. Kelak Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang berpaling dari ayat-ayat Kami dengan siksaan yang buruk) siksaan yang paling keras بِمَا كَانُوا يَصْدِفُونَ (disebabkan mereka selalu berpaling.)

Tafsir Ibnu Katsir: أَوْ تَقُولُوا لَوْ أَنَّا أُنْزِلَ عَلَيْنَا الْكِتَابُ لَكُنَّا أَهْدَىٰ مِنْهُمْ Maknanya adalah Kami patahkan alasan kalian untuk mengatakan, “Jika saja apa yang diturunkan kepada mereka itu diturunkan pula kepada kami, niscaya kami akan lebih mendapat petunjuk”.

فَقَدْ جَاءَكُمْ بَيِّنَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ Maksudnya ialah Allah SWT berfirman, telah datang kepada kalian dari lisan Nabi Muhammad saw, Nabi yang asalnya dari Arab, kitab al-Qur’anul yang di dalamnya terdapat keterangan dan petunjuk terhadap apa yang berada di dalam hati, dan rahmat bagi hamba-hambaNya yang mengikuti dan mengamalkan kandungannya.

Baca Juga:  Surah An-Nisa Ayat 131-134; Seri Tadabbur Al Qur'an

فَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنْ كَذَّبَ بِآيَاتِ اللَّهِ وَصَدَفَ عَنْهَا Maksudnya yaitu, tidak memanfaatkan apa yang telah dibawa para Rasul-Nya, dan tidak mengikutinya, serta tidak meninggalkan yang lainnya, bahkan menghalangi orang lain untuk tidak mengikuti ayat-ayat Allah, atau dengan kata lain, memalingkan mereka darinya.

سَنَجْزِي الَّذِينَ يَصْدِفُونَ عَنْ آيَاتِنَا سُوءَ الْعَذَابِ بِمَا كَانُوا يَصْدِفُونَ (Kelak Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang berpaling dari ayat-ayat Kami dengan siksaan yang buruk, disebabkan mereka selalu berpaling)

Demikian penjelasan singkat mengenai Surah Al-An’am Ayat 156-157 berdasarkan Kitab Tafsir Jalalain dan Tafsir Ibnu Katsir sebagai kelanjutan dari seri Tadabbur Al Qur’an kita di situs ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua penuntut ilmu. Amin

M Resky S