Surah Al Qariah; Tafsir, Terjemahan dan Asbabun Nuzulnya

Surah Al Qariah

Pecihitam.org – Surah Al Qariah adalah Surah Makkiyah yang terdiri dari 11 Ayat. Surah yang ke-101 dalam Al Qur’an ini diturunkan setelah turunnya surah Quraisy. Al Qari’ah sendiri bermakna menggebrak atau mengguncang, hingga kemudian kata ini menjadi hari kiamat.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Sebagaimana yang dipahami bahwa suatu ayat atau surah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW umumnya memiliki latar belakang diturunkannya (asbabun nuzul). Namun semuanya tidaklah demikian, karena ada banyak juga ayat-ayat yang diturunkan tanpa adanya sebab peristiwa. Salah satunya adalah Surah Al Qariah ini.

Musthafa al-Maraghi menyampaikan pendapatnya bahwa surah ini turun tanpa suatu “asbabun nuzul” ayat. Namun perlu dipahami bahwa, kandungan pokok dalam surah ini adalah peristiwa-peristiwa yang terjadi pada hari kiamat, yaitu manusia bertebaran, gunung berhamburan, amal perbuatan manusia ditimbang dan ancaman Neraka Hawiyah.

Terjemahan dan Tafsir Surah Al Qariah

Ayat 1
الْقَارِعَةُ

Terjemahan: Hari Kiamat
Tafsir: (Hari kiamat) dinamakan Al-Qaari’ah karena kengerian-kengerian yang terjadi di dalamnya sangat menggentarkan kalbu. Hari kiamat, yang dimulai dengan tiupan pertama dan diakhiri dengan penetapan keputusan untuk manusia.

Baca Juga:  Perkembangan Tafsir Pada Masa Nabi, Sahabat dan Tabi'in

Ayat 2
مَا الْقَارِعَةُ

Terjemahan: apakah hari Kiamat itu?
Tafsir: (Apakah hari kiamat itu?) ungkapan ini menggambarkan tentang kengeriannya; ayat yang pertama dan ayat yang kedua merupakan Mubtada dan Khabarnya. Betapa mengherankannya peristiwa itu, dengan kebesaran dan segala bahayanya!

Ayat 3
وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْقَارِعَةُ

Terjemahan: Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu?
Tafsir: Tahukah kamu apakah peristiwa besar yang begitu dahsyat dalam jiwa itu?

Ayat 4
يَوْمَ يَكُونُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوثِ

Terjemahan: Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran,
Tafsir: Peristiwa itu adalah hari ketika manusia menjadi seperti anai-anai yang diterbangkan, melayang ke kanan dan ke kiri, dalam keadadaan lemah dan terhina.

Ayat 5
وَتَكُونُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوشِ

Terjemahan: dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan.
Tafsir: Dan gunung-gunung menjadi seperti bulu berwarna yang dihamburkan, bagian-bagiannya terpisah beterbangan di udara ke sana ke mari.

Baca Juga:  Surah Al-An'am Ayat 7-11; Seri Tadabbur Al Qur'an

Ayat 6
فَأَمَّا مَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِينُهُ

Terjemahan: Dan adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan)nya,
Tafsir: Maka, barangsiapa yang berat timbangannya, karena kebaikannya lebih banyak daripada kejahatannya, akan berada dalam kehidupan yang menyenangkan hati.

Ayat 7
فَهُوَ فِي عِيشَةٍ رَاضِيَةٍ

Terjemahan: maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan.
Tafsir: (Maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan) yaitu berada di dalam surga; atau dengan kata lain kehidupan yang diterimanya itu sangat memuaskannya.

Ayat 8
وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِينُهُ

Terjemahan: Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya,
Tafsir: Dan barangsiapa yang ringan timbangan, karena kejahtannya lebih banyak daripada kebaikannya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah.

Ayat 9
فَأُمُّهُ هَاوِيَةٌ

Terjemahan: maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah.
Tafsir: (Maka tempat kembalinya) yaitu tempat tinggalnya (adalah neraka Haawiyah.)

Ayat 10
وَمَا أَدْرَاكَ مَا هِيَهْ

Baca Juga:  Surah As-Saffat Ayat 171-179; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Terjemahan: Tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu?
Tafsir: Tahukah kamu apa neraka Hawiyah itu?

Ayat 11
نَارٌ حَامِيَةٌ

Terjemahan: (Yaitu) api yang sangat panas.
Tafsir: Neraka Haawiyah itu adalah (api yang sangat panas) yang panasnya luar biasa; Yaitu api yang sangat panas, yang tingkat kepanasannya tidak akan pernah dicapai jenis api yang lain, walaupun menyala-nyala dengan diisi bahan bakar.

Demikian penjelasan singkat tentang tafsir dan terjemahan surah Al qariah. Semoga dengan memahami kandungan di dalamnya, senantiasa memotivasi diri kita untuk selalu menjadi lebih baik setiap harinya.

M Resky S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *