14 Cara Menghormati Alquran yang Wajib Dilakukan Umat Islam

Cara Menghormati Alquran yang Wajib Dilakukan Umat Islam

Pecihitam.orgAl Qur’an adalah kalam Allah yang agung nan mulia. Sebagai umat Islam, kita wajib mengagungkan, memuliakan dan menghormatinya. Cara untuk menghormati Alquran banyak, baik dengan lisan maupun perbuatan dan perlakuan.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Berikut ini di antara cara menghormati Alquran yang layak diketahui umat Islam berdasarkan kitab Fii Rihaab al-Tafsiir juz 1 halaman 18:

فمن حرمة القرآن ألا يمسه إلا طاهرا

Artinya: Di antara bentuk penghormatan terhadap Alquran adalah tidak menyentuhnya kecuali dalam keadaan suci

ومن حرمته أن يقرأه وهو على طهارة

Artinya: Di antara bentuk penghormatan terhadap Alquran adalah tidak membacanya kecuali dalam keadaan suci

ومن حرمته أن يستاك فيطيب فاه إذ هو طريقه

Artinya: Di antara bentuk penghormatan terhadap Alquran adalah bersiwak lantas menjadikan mulutnya wangi karena melalui mulutlah, Alquran dibacakan. Menurut penulis, maksudnya adalah membersihkan mulut terlebih dahulu agar terhindar dari sisa makanan dan bau.

ومن حرمته أن يتلبس كما يتلبس للدخول على الأمير لأنه مناج

Artinya: Di antara bentuk penghormatan terhadap Alquran adalah membacanya dengan mengenakan pakaian sebagaimana pakaian yang dikenakan saat menemui pemimpin, karena sungguh ia sedang bermunajat. Menurut penulis, maksudnya adalah mengenakan pakaian yang layak, bagus, harum dan enak dipandang.

ومن حرمته أن يستقبل القبلة لقراءته

Baca Juga:  Tata Cara Orang Tua Mencarikan Jodoh untuk Anaknya

Artinya: Di antara bentuk penghormatan terhadap Alquran adalah menghadap kiblat kala membacanya.

ومن حرمته أن يستعيذ بالله عند ابتدائه للقراءة من الشيطان الرجيم ، ويقرأ بسم الله الرحمن الرحيم إن كان ابتداء قراءته من أول السورة أو من حيث بلغ

Artinya: Di antara bentuk penghormatan terhadap Alquran adalah membaca “a’uudzubillaahi minasysyaithaanirrajiim”, juga membaca “bismillaahirrahmaanirrahiim” saat memulainya, baik dari awal surah atau tidak.

ومن حرمته إذا أخذ في القراءة لم يقطعها ساعة فساعة بكلام الآدميين من غير ضرورة

Artinya: Di antara bentuk penghormatan terhadap Alquran adalah saat membaca Alquran, tidak memutuskan bacaan barang sesaat dengan kalam adami tanpa hajat kebutuhan. Menurut penulis, maksudnya dilarang berbicara jika tidak terlalu penting.

ومن حرمته أن يقرأه على تؤدة وترسيل وترتيل

Artinya: Di antara bentuk penghormatan terhadap Alquran adalah membacanya dengan tidak tergesa-gesa, perlahan dan baik. Menurut penulis, membacanya mesti memperhatikan hukum bacaan dan tajwidnya.

ومن حرمته أن يستعمل فيه ذهنه وفهمه حتى يعقل ما يخاطب به

Artinya: Di antara bentuk penghormatan terhadap Alquran adalah membacanya dengan menghadirkan hati dan berusaha untuk memahami sehingga mengetahui maksud bacaannya tersebut.

ومن حرمته أن يقف على آية الوعد فيرغب إلى الله تعالى ويسأله من فضله ، وأن يقف على آية الوعيد فيستجير بالله منه

Baca Juga:  Ini Salah Satu Keutamaan Bersuci Yang Perlu Kamu Tahu!

Artinya: Di antara bentuk penghormatan terhadap Alquran adalah berhenti ketika membaca ayat janji kemudian berdoa kepada Allah agar diberikan keutamaan-Nya. Juga berhenti ketika membaca ayat ancaman lantas berdoa kepada Allah agar mendapat perlindungan dari-Nya.

ومن حرمته أن يؤدي لكل حرف حقه من الأداء حتى يبرز الكلام باللفظ تماما ، فإن له بكل حرف عشر حسنات

Artinya: Di antara bentuk penghormatan terhadap Alquran adalah membacanya dengan memberikan hak setiap huruf lantas membuat bacaannya sempurna. Karena dalam setiap satu huruf (jika membacanya), di dalamnya mengandung 10 kebaikan.

ومن حرمته أن يضعه في حجره إذا قرأه أو على شيء بين يديه ولا يضعه بالأرض

Artinya: Di antara bentuk penghormatan terhadap Alquran adalah meletakkannya di atas pangkuan (permukaan yang lebih tinggi dari lantai/tempat duduk) atau di atas benda di depan qari kala membacanya dan tidak meletakkan di lantai.

ومن حرمته إذا انتهت قراءته أن يصدق ربه ، ويشهد بالبلاغ لرسوله – صلى الله عليه وسلم – ، ويشهد على ذلك أنه حق ، فيقول : صدقت ربنا وبلغت رسلك ، ونحن على ذلك من الشاهدين

Artinya: Di antara bentuk penghormatan terhadap Alquran adalah apabila telah selesai membaca, ia membenarkan Tuhannya dan bersaksi bahwa Dia menyampaikan risalah kepada Rasul-Nya. Lantas diikuti dengan pembenaran atas kedua hal tersebut. Kemudia ia berkata “shaddaqta Rabbanaa wa ballagta rusulaka wa nahnu ‘alaa dzaalika minasysyaahidiin”.

Baca Juga:  Bolehkah Menjadikan Ceramah Sebagai Profesi? Begini Cara Memahami Posisi Para Dai

ومن حرمته إذا وضع المصحف ألا يتركه منشورا ، وألا يضع فوقه شيئا من الكتب حتى يكون أبدا عاليا لسائر الكتب ، علما كان أو غيره

Artinya: Di antara bentuk penghormatan terhadap Alquran adalah tidak menyimpan/meninggalkan mushaf (di rak mushaf) dalam keadaan terbuka dan tidak menjadikannya di bawah tumpukan kitab-kitab lain, sehingga selamanya mushaf berada di atas tumpukan kita-kitab tersebut, baik kitab ilmu atau bukan.

Tulisan ini hanya sebagian dari bentuk penghormatan terhadap Alquran, masih banyak cara menghormati alquran yang layak dijalankan oleh umat Islam.

Demikian, semoga bermanfaat. Wallaahu a’lam bishshawaab.

Azis Arifin