Menyanyi Di Kamar Mandi Adalah Godaan Syetan? Baca Riwayat Ini Biar Paham!

Menyanyi Di Kamar Mandi Adalah Godaan Syetan? Baca Riwayat Ini Biar Paham!

PeciHitam.org – Sebagai manusia yang memiliki rasa bosan dan jenuh, terkadang kita butuh beberapa hal untuk menghilangkannya, salah satu cara yang biasa kita lakukan adalah Menyanyi. Bahkan, ketika sedang mandi tak jarang kita merasa bosan dan jenuh sehingga kita akhirnya mencoba untuk menanyi di kamar mandi agar tidak bosan dan jenuh dengan menyanyikan lagu lagu terbaru.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Dengan musik dan lagu zanman sekarang seperti bisa memahami perasaan manusia yang mendengar atau menyanyikannya, nada dan liriknya mampu menghadirkan kenyamanan serta ketenangan di dalam jiwa seperti semacam hipnotis bagi para pendengar dengan suntikan psikologis yang kemudian merasuk jauh ke dalam hati seseorang.

Meskipun dalam Islam tentang kebolehan musik masih terus dikaji dan didalami hukumnya tapi sebagian ulama jelas menafsirkan tentang pelarangannya kecuali syair-syair tentang kebaikan yang diiringi dengan alat musik dan berbeda dengan sebagian pendapat melonggarkannya serta hanya tetap menekankan pada isi yang mengandung unsur dakwah dan kebaikan.

Sebagai penikmat serta pendengar lagu dan musik tidak jarang bahwa kita ikut menyenandungkan hal tersebut terlebih lagi bagi yang memang menyukai menyanyi lagu dan musik seperti sudah menjadi hal yang tidak bisa terpisahkan.

Baca Juga:  Dakwah Terang-terangan Rasulullah Saw dan Musuh Terbesar Umat Manusia

Fenomena di mana lagu dan aktifitas menyanyi sudah seperti melekat pada keseharian anak muda seperti bekerja sambil menyanyi, membereskan rumah sambil menyanyi, beristirahat sambil menyanyi, bahkan membersihkan diri di iringi dengan menyanyi di kamar mandi.

Khusus kepada hal yang terakhir yaitu menyanyi di kamar mandi, kebiasaan tersebut sering kali dilakukan baik sadar atau pun tidak sadar dan Islam tidak melarang sesuatu jika mengandung unsur keselamatan di dalamnya.

Dan adapun contoh dari hal di atas seperti dilarang memakan babi karena terdapat cacing pita berbahaya yang tidak mati meskipun di masak dengan suhu tinggi dan waktu yang lama.

Seperti dilarang minum minuman beralkohol karena hanya akan menimbulkan kerusakan pada fungsi organ tubuh serta demikian pula keburukan menyanyi di kamar mandi karena terdapat sebab-sebab yang tidak menghadirkan manfaat bagi Muslim kecuali karena hal tertentu.

Rasulullah SAW bercerita bahwa, “Iblis berkata: ‘Ya Allah, Adam dan keturunan yang Engkau beri tempat tinggal di bumi, maka berilah pula aku (Iblis) tempat tinggal’, selanjutnya Allah SWT berfirman: ‘Tempat tinggalmu ialah kamar mandi atau jamban’.” (HR. Imam Bukhari)

Baca Juga:  Meski di Rumah Aja, Ini 7 Ibadah di Bulan Ramadhan yang Bisa Kita Lakukan

Kamar mandi merupakan tempat tinggal Iblis yang mana tugasnya ialah menggoda serta menggelincirkan manusia. Maka karena itulah sebaiknya jangan terlalu berlama-lama di dalam kamar mandi jika tidak penting dan senantiasa memohon perlindungan kepada Allah SWT sebelum memasukinya.

Godaan iblis bermacam-macam dan beraneka warna ketika sedang di kamar mandi seperti misalnya menggoda manusia supaya:

  • Berlama-lama di dalam kamar mandi yang mana tempat tersebut di senangi Iblis.
  • Bernyanyi atau berkata-kata dikamar mandi yang kurang bermanfaat dimana akan menjerumuskan kepada keburukan.
  • Bermain air atau sesuatu hal yang lain seperti membawa handphone dan mendengarkan musik yang tidak berfaedah serta browsing konten internet yang dilarang agama.
  • Membisikan pada seseorang supaya kencing atau buang air kecil sambil berdiri.
  • Membiarkan baju yang kotor tergantung di dalam kamar mandi yang mana dapat menimbulkan penyakit.
  • Membuat lupa seseorang untuk berdoa ketika hendak masuk ataupun keluar dari kamar mandi.
  • Mengambil wudhu dengan keadaan telanjang.
  • Mencoret-coret dinding di kamar mandi dengan hal-hal yang tidak berguna.
  • Merencanakan kejahatan selagi di dalam kamar mandi.
Baca Juga:  Inilah Adab Bercanda dalam Islam yang Wajib Diperhatikan

Karena itulah syaitan menggoda manusia untuk berlama-lama di dalam kamar mandi dan meniupkan tipu dayanya agar melakukan perbuatan maksiat serta mempengaruhi pendengaran agar suara nyanyian terdengar bagus sehingga terus-menerus menyenandungkan lagu-lagu yang tidak berfaedah dengan akhirnya menjurus kepada keburukan.

Jadi menyanyi memang tidak sepenuhnya dilarang dalam islam dengan syarat harus tahu tempat dan batasan-batasannya dengan kebiasaan menyanyi di kamar mandi adalah hal yang sebaiknya di hindari dengan mempertimbangkan baik buruknya karena Iblis sangat tahu dan faham sekali bagaimana cara menjerumuskan manusia kepada kemungkaran.

Mochamad Ari Irawan

Leave a Reply

Your email address will not be published.